Jumat, 31 Juli 2015

DOKUMEN



DOKUMEN

Ma’loemat  kedoea  oentoek Ra’jat

Diberitahoekan  kepasa  Rajat :

1.Sangat disesalkan banjak kesoesahan jang diderita oleh masjarakat lantarantindakan Militer dan Polisi, tetapi apa boleh boeat, karena tindakan itoe timboelnja dari perboeatan pengatjau-pengatjaujang menjoesahkan Ra’jat.

Djanganlah tjampoer dengan kaoem pengatjau, sebab  Militer atau polisi soesah membedakan antara pengatjau dan orang jang tidak bersalah.

2. Djangan lari kalau melihat  militer atau Polsi.

3. Djanganlah Ra’jat pertjaja kabar bohong jang disiarkan oleh jang tidak bertanggng jawab, goenakan fikiran dan timbangan jang sempoerna’

4. Hendaklah bersoenggoeh-soenggoeh mengerdjakan sawah dan ladang sehingga banjak mendapat padi. Moedah2an lekaslah berhenti kekatjauan ini, soepaja Ra'jat terhindar dari bahaya kelaparan - KARENA TIDAK ADA HARAPAN BERAS DARI LOEAR AKAN DIMASOEKKAN DISINI.

5. Haroeslah anak-anak dikembalikan kepada sekolah - Goeroe-goeroe , meneroeskan peladjaran kepada anak-anak.


                                                                                                   Kandangan,  13 Januari 1949
                          DeKiai Besar vande Hoeloe Soengai                                                                                                           Pangeran M. Nadalsjah      

2 komentar:

Anonim mengatakan...

Assalamu'alaikum Bang HRN. Bagaimana kabar. Boleh minta kontak nomor teleponnya Bang? Ulun dari Media Kalimantan. Tulisan-tulisan pian bagus.

Unknown mengatakan...

No Hp anda brp